Dari Evolution ke Thunderbird

Awalnya aku memang menggunakan Mozilla-Thunderbird sebagai mail client di desktop (linux), tapi semenjak pindah ke nexenta (opensolaris + ubuntu), saya mulai mengenal Evolution dan menggunakannya sehari hari, tapi semenjak koneksi menggunakan port 25 di blokir oleh yang punya router dan ternyata Evolution (entah mengapa) tidak bisa menggunakan TLS untuk sambungan smtp, saya akhirnya kembali ke Mozilla-Thunderbird.

Evolution dan Mozilla-Thunderbird.


Beberapa waktu yang lalu, kami di kirim surat oleh orang telkom, mereka bilang kalo dari trafick kami ada aktifitas spam yang sangat meresahkan, kami yakin ini pasti dari client yang kurang memperhatikan server mereka. Jalan tegas telah diambil, port 25 di blokir, tanpa terkecuali. Sayangnya aku gak megang router itu, kalo gak, seperti dulu, aku bisa modifikasi supaya trafick port 25 dari dan menuju ke tempatku bisa dilewatkan. Nah karena masih ada sambungan TLS (port 587) untuk smtp, aku jadi gak terlalu kuatir.

Sayangnya dan herannya, Evolution tidak bisa lagi terkoneksi menggunakan TLS setelah port 25 ini di blokir. Padahal sebelumnya bisa, ini telah menjadi tanda tanya besar bagiku, kemudian aku coba menggunakan Mozilla-Thunderbird dan seperti yang telah aku duga, dapat bekerja.

Sebenarnya dulu juga gak pengen pindah ke Evolution, hanya saja karena secara default Mail Client di dekstop Nexenta adalah Evolution sementara Mozilla-Thunderbird tidak tersedia, mau tidak mau aku menggunakan Evolution juga. Nah sekarang ada alasan yang tepat untuk kembali lagi ke pelukan Mozilla-Thunderbird.

Dulu ketika di linux (slackware 10.x), Mozilla-Thunderbird ini terkadang prosesnya sangat tinggi, gak tau kalo di nexenta, mudah-mudahan telah diperbaiki kinerjanya sehingga berkirim surat jadi lebih menyenangkan.

Cuplikan layar desktop nexenta alpha 5šŸ™‚

Di gmail aja gak ada panduan configurasi pop dan smtp gmail untuk dipakai ke Evolution. Why ? you guess what !.

Tinggalkan Balasan

